Makalah Laporan Praktikum Golongan Darah Kelas XI

Nama :Galuh Mawarti
Kelas :XI Mipa 2


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Di dalam tubuh manusia, ada alat transportasi yang berguna sebagai pengedar oksigen dan zat makanan ke seluruh sel-sel tubuh serta mengangkut karbon dioksida dan zat sisa ke organ pengeluaran.Alat transportasi pada manusia terkoordinasi dalam suatu sistem yang disebut sistem peredaran darah.Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, jantung, dan pembuluh darah.
Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi untuk mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemoatau hemato yang berasal dari kata Yunani yang berarti haima yang berarti darah.
Darah manusia berwarna merah, namun dalam hal ini warna darah ada dua jenis warna merah pada darah manusia. Warna merah terang menandakan bahwa darah tersebut mengandung banyak oksigen, sedangkan warna merah tua menandakan bahwa darah tersebut mengandung sedikit oksigen atau dalam arti lain mengandung banyak karbondioksida. Warna merah pada darah disebabkan oleh adanya hemoglobin. Hemoglobin adalah protein pernafasan (respiratory protein)  yang mengandung besi (Fe) dalam bentuk heme yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.
Darah juga mengangkut bahan-bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.

B.Tujuan
Mampu mendreskipsikan bagian-bagian darah
Mengetahui fungsi darah
Mengetahui hubungan darah dengan kesehatan

BAB II
LANDASAN TEORI

A.Definisi
Darah adalah cairan yang ada pada manusia sebagai alat transportasi berfungsi untuk mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

B.Komposisi Darah
Darah terdiri dari 55% Plasma Darah (bagian cair darah) dan 45% Korpuskuler (bagian padat darah).

C.Plasma Darah (Bagian Cair Darah)
Plasma darah adalah salah satu penyusun darah yang berwujud cair serta mempengaruhi sekitar 5% dari berat badan manusia. Plasma darah memiliki warana kekuning-kuningan yang didalamnya terdiri dari 90% air, 8% protein, dan 0,9% mineral, oksigen, enzim, dan antigen. Sisanya berisi bahan organik, seperti lemak, kolestrol, urea, asam amino, dan glukosa.
Plasma darah merupakan cairan darah yang berfungsi untuk mengangkut dan mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh manusia, dan mengangkut zat sisa metabolisme dari sel-sel tubuh atau dari seluruh jaringan tubuh ke organ pengeluaran.
Di dalam plasma darah terdapat beberapa protein terlarut yaitu:
a.Albumin berfungsi untuk memelihara tekanan osmotik
b.Globulin berfungsi untuk membentuk zat antibodi
c.Fibrinogen adalah sumber fibrin yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.

D.Korpuskuler (Bagian Padat Darah)
Korpuskuler terdiri dari tiga bagian:
Sel Darah Merah (Eritrosit)
Sel darah merah atau yang juga disebut eritrosit berasal dari bahasa Yunani yaitu, erythos yang berarti merah dan kytos yang berarti selubung/sel. Eritrosit merupakan bagian sel darah yang mengandung hemoglobin (Hb). Hemoglobin adalah biomolekul yang mengikat oksigen.Sedangkan darah yang berwarna merah cerah dipengaruhi oleh oksigen yang diserap dari paru-paru.Pada saat darah mengalir ke seluruh tubuh, hemoglobin melepaskan oksigen ke sel dan mengikat karbondioksida. Jumlah hemoglobin pada orang dewasa kira-kira 11,5-15 gram dalam 100 cc darah. Normal Hb wanita 11,5 mg% dan laki-laki 13,0 mg%. Sel darah merah memerlukan protein karena strukturnya terdiri dari asam amino dan memerlukan pula zat besi, sehinnga diperlukan diet seimbang zat besi.Di dalam tubuh banyaknya sel darah merah ini bisa berkurang, demikian juga banyaknya hemoglobin dalam sel darah merah.Apabila kedua-duanya berkurang maka keadaan ini disebut animea, yang biasanya disebabkan oleh pendarahan hebat, penyakit yang melisis eritrosit, dan tempat pembuatan eritrosit terganggu.
Bentuk sel darah merah pada manusia adalah bikonkaf  atau berbentuk piringan pipih seperti donat. Kepingan eritrosit manusia memiliki diameter sekitar 6-8 µm dan tebalnya sekitar 2 µm, eritrosit termasuk sel paling kecil daripada sel-sel lainnya yang terdapat pada tubuh manusia.Jumlah sel darah merah adalah jumlah yang paling banyak dibandingkan jumlah sel darah lainnya.Secara normal, di dalam darah seorang laki-laki dewasa terdapat 25 trilliun sel darah merah atau setiap satu milimeter kubik (1 mm3) darah trdapat 5 juta sel darah merah. Pada perempuan dewasa, jumlah sel darah merah per miliketer kubiknya sebanyak 4,5 juta.
Sel darah merah hanya mampu bertahan selama 120 hari. Proses dimana eritrosit diproduksi dimaksud eritropoiesies. Sel darah merah yang rusak akhirnya akan pecah menjadi partikel-partikel kecil di dalam hati dan limpa. Sebagian besar sel yang rusak dihancurkan oleh limpa dan yang lolos akan dihancurkan oleh hati. Hati menyimpan kandungan zat besi dari hemoglobin yang kemudian diangkut oleh darah ke sumsum merah tulang untuk membentuk sel darah merah yang baru.Sumsum merah tulang memproduksi eritrosit, dengan laju produksi sekitar 2 juta eritrosit per detik.Produksi dapat distimulasi oleh hormon eritoprotein (EPO) yang disintesa ginjal.Hormon ini sering digunakan para atlet dalam suatu pertandingan sebagai doping.Saat sebelum dan sesudah meninggalkan sumsum tulang belakang, sel yang berkembang ini dinamakan retikulosit dan jumlahnya sekitar 1% dari semua darah yang beredar.
Sel Darah Putih (Leukosit)
Sel darah putih (leukosit) jauh lebih besar daripada sel darah merah.Namun jumlah sel darah putih jauh lebih sedikit daripada sel darah merah.Pada orang dewasa setiap 1 mm3 darah terdapat 6.000-9.000 sel darah putih.Tidak seperti sel darah merah, sel darah putih memiliki inti (nukleus).Sebagian besar sel darah putih bisa bergerak seperti Amoeba dan dapat menembus dinding kapiler. Sel darah putih dibuat di dalam sumsum merah, kelenjar limfa, dan limpa (kura).
Sel darah putih memiliki ciri-ciri, antara lain tidak berwarna (bening), bentuk tidak tetap (ameboid), berinti, dan ukurannya lebih besar daripada sel darah merah.

Berdasarkan ada tidaknya granula di dalam plasma, leukosit dibagi:
1.Leukosit Bergranula (Granulosit)
      Neutrofil adalah sel darah putih yang paling banyak yaitu sekitar 60%.Plasmanya bersifat netral, inti selnya banyak dengan bentuk yang bermacam-macam dan berwarna merah kebiruan.Neutrofil bertugas untuk memerangi bakteri pembawa penyakit yang memasuki tubuh. Mula mula bakteri dikepung, lalu butir-butir di dalam sel segera melepaskan zat kimia untuk mencegah bakteri berkembang biak serta menghancurkannya
     Eosinofil adalah leukosit bergranula dan bersifat fagosit.Jumlahnya sekitar 5%. Eosinofil akan bertambah jumlahnya apabila terjadi infeksi yang disebabkan oleh cacing. Plasmanya bersifat asam. Itulah sebabnya eosinofil akan menjadi merah tua apabila ditetesi dengan eosin. Eosinofil memiliki granula kemerahan.Fungsi dari eosinofil adalah untuk memerangi bakteri, mengatur pelepasan zat kimia, dan membuang sisa-sisa sel yang rusak.
        Basofil adalah leukosit bergranula yang berwarna kebiruan.Jumlahnya hanya sekitar 1%. Plasmanya bersikap basa, itulah sebabnya apabila basofil ditetesi dengan larutan basa, maka akan berwarna biru. Sel darah putih ini juga bersifat fagositosis.Selain itu, basofil mengandung zat kimia anti penggumpalan yang disebut heparin.
2.Leukosit Tidak Bergranula (Agranulosit)
        Limfosit adalah leukosit yang tidak memiliki bergranula.Intiselnya hampir bundar dan terdapat dua macam limfosit kecil dan limfosit besar.20% sampai 30% penyusun sel darah putih adalah limfosit.Limfosit tidak dapat bergerak dan berinti satu.Berfungsi sebagai pembentuk antibodi.
       Monosit adalah leukosit tidak bergranula.Inti selnya besar dan berbentuk bulat atau bulat panjang. Diproduksi oleh jaringan limfa dan bersifat fagosit..

Leukosit yang berperan penting terhadap kekebalan tubuh ada dua macam:
  Sel Fagosit
Sel fagosit akan menghancurkan benda asing dengan cara menelan (fagositosis). Fagosit terdiri dari dua macam:
1.    Neutrofil, terdapat dalam darah
2.    Makrofag, dapat meninggalkan peredaran darah untuk masuk kedalam jaringan atau rongga tubuh
  Sel Limfosit
Limfosit terdiri dari:
1.T Limfosit (T sel), yang bergerak ke kelenjar timus (kelenjar limfa di dasar leher)
2.B Limfosit (B Sel)
Keduanya dihasilkan oleh sumsum tulang dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, menghasilkan antibodi yang disesuaikan dengan antigen yang masuk ke dalam tubuh.Seringkali virus memasuki tubuh tidak melalui pembuluh darah tetapi melalui kulit dan selaput lendir agar terhindar dari lukosit.Namun sel-sel tubuh tersebut tidak berdiam diri. Sel-sel tersebut akan menghasilkan interferon suatu protein yang dapat memproduksi zat penghalang terbentuknya virus baru (replikasi). Adanya kemampuan ini dapat mencengah terjadinya serangan virus.
c.Keping Darah (Trombosit)
Keping darah memiliki ukuran yang paling kecil, bentuknya tidak teratur, dan tidak memiliki inti sel. Keping darah dibuat di dalam sumsum merah yang terdapat pada tulang pipih dan tulang pendek.Setiap 1 mm3 darah terdapat 200.000 – 300.000 butir keping darah.Trombosit yang lebih dari 300.000 disebut trombositosis, sedangkan apabila kurang dari 200.000 disebut trombositopenia. Trombosit hanya mampu bertahan 8 hari. Meskipun demikian trombosit mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembekuan darah.
                     
E.Fungsi Darah
Darah memiliki bagian yang cair (plasma darah) dan bagian yang padat (sel darah). Bagian – bagian tersebut memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Secara garis besar, fungsi utama darah adalah sebagai berikut:
a)      Alat pengangkut zat-zat dalam tubuh, seperti sari-sari makanan, oksigen, zat-zat sisa metabolisme, hormon, dan air.
b)      Menjaga suhu tubuh dengan cara memindahkan panas dari organ tubuh yang aktif ke organ tubuh yang kurang aktif sehingga suhu tubuh tetap stabil, yaitu berkisar antara 36 – 37oC.
c)      Membunuh bibit penyakit atau zat asing yang terdapat dalam tubuh oleh sel darah putih.
d)     Pembekuan darah yang dilakukan oleh keping darah (trombosit)

F.Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
a)      Anemia
Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin sel darah merah hingga di bawah normal sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh.Penyakit tersebut dapat disebabkan dari pendarahan hebat, seperti akibat kecelakaan, berkurangnya pembentukan sel darah merah, dan meningkatnya penghancuran sel darah merah.
Anemia biasanya banyak diderita oleh kaum perempuan.Hal ini disebabkan karena setiap satu bulan sekali perempuan mengalami pendarahan yang lumayan banyak yaitu saat menstruasi.Anemia dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga, dan kepala terasa melayang.pengobatan yang diberikan pada pasien anemia berupa tranfusi darah.Salah satu tindakan pencegahannya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, misalnya bayam, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen penambah darah.
b)      Leukemia
Leukemia adalah kanker dari sel-sel darah.Penyakit tersebut disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel darah putih yang tak terkendali. Leukemia terjadi jika proses pematangan dari stem sel menjadi sel darah putih dalam sumsum tulang menghasilkan perubahan ke arah keganasan. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kemoterapi, kemoterapi berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain kemoterapi, penderita leukimia bisa juga melakukan transplantasi sumsum tulang, namun transplantasi sumsum tulang adalah proses yang cukup rumit karena memerlukan pendonor sumsum tulang dengan tingkat kecocokan yang cukup tinggi.
c)      Hemofilia
Hemofilia adalah penyakit yang bersifat menurun (genetik), maksudnya dapat diturunkan pada keturunannya.Penderita penyakit ini tidak dapat menghentikan pendarahan akibat luka karena darahnya sukar membeku.Untuk pengobatan penderita hemofilia sepertinya agak sulit dilakukan, karena penyakit ini adalah penyakit keturunan.Pada pendarahan yang cukup serius, misalnya saja mengalami kecelakaan, maka penderita hemofilia bisa saja mengalami kematian karena darahnya sukar membeku.Sebaiknya para penderita hemofilia berhati-hati dengan benda-benda tajam ataupun sesuatu yang bisa menyebabkan mereka mengeluarkan darah.Hemofilia hanya diderita oleh kaum laki-laki, tetapi gen ini dibawa oleh perempuan.

BAB III
METODELOGI PENELITIAN
A. Prosedur Percobaan
Sebelum melakukan percobaan kita harus mempersiapkan alat, bahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.
Adapun alat dan bahan antara lain :
Alkohol
Lanset
Pena
Tusuk gigi
Cairan Biru untuk Darah A
Cairan Kuning untuk Darah B
Cairan Bening untuk Darah AB
Cairan Bening untuk RH
Kartu Golongan Darah

Adapun langkah langkah dalam melakukan kegiatan ini yaitu :
Siapkan alat dan bahan.
Masukkan Lanset ke pena.
Tusukkan pena ke salah satu jari untuk pengambilan sampel darah.
Letakkan darah ke kartu golongan darah.
Beri cairan yang telah di tentukan di kartu golongan darah.

Pratikum ini dilaksanakan pada saat pelajaraan biologi dan tempat pelaksanaanya yaitu di laboratorium biologi SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A. DATA HASIL PERCOBAAN


B.PEMBAHASAN
Pada percobaan dilakukan untuk mengetahui golongan darah. Yang dilakukan pertama kali adalah menyiapkan objek glass yang sudah ditetesi alcohol agar tidak terkontaminasi sebagai tempat untuk meletakkan objek yang akan diamati. Darah yang akan diamati didapat melalui melukai ujung jari tangan menggunakan jarum. Kemudian, teteskan darah di dua tempat pada objek glass. Dengan meneteskan anti serum A pada satu tempat dan anti serum B pada tempat yang lain, kita dapat mengetahui golongan darah melalui ada tidaknya aglutinasi (penggumpalan). Proses penentuan golongan darah manusia degan sistem ABO :
-        Jika setelah ditetesi antiserum A jika darah menggumpal tetapi tidak menggumpal ketika ditetesi antiserum B, maka mempunyai golongan darah A.
-        Jika setelah ditetesi antiserum B jika darah menggumpal tetapi tidak menggumpal ketika ditetesi antiserum A, maka mempunyai golongan darah B.
-        Jika setelah ditetesi antiserum A dan B jika darah menggumpal, maka mempunyai golongan darah AB.
-        Jika setelah ditetesi antiserum A dan B jika darah tidak menggumpal, maka mempunyai golongan darah O.

BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki banyak kegunaan lainnya untuk menunjang kehidupan.Tanpa darah yang cukup seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan dan bahkan dapat mengakibatkan kematian.
Sistem peredaran darah pada manusia merupakan sistem yang tertutup karena selalu beredar di dalam pembuluh darah saja.Peredaran darah pada manusia juga disebut sistem peredaran darah ganda karena beredar ke seluruh bagian tubuh serta melewati jantung sebanyak dua kali.
Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah.Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh).
B. Saran
Semoga dengan selesainya makalah ini diharapkan agar para pembaca dapat lebih mengetahui dan memahami tentang Darah dan Golongan Darah..

DAFTAR PUSTAKA
Gabriel, Dr.J.F. 2005. Fisika Kedokteran. EGC. Jakarta.
Nomi, Toshitaka. 2009. Membaca Karaktek Melalui Golongan Darah. Gramedia: Jakarta
Syarifudin.1997. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat. EGC. Jakarta.
Pearce, Evelyn. 2000. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Laporan praktikum sel tumbuhan Kelas XI

Makalah praktikum Hydrilla verticillata

Kumpulan puisi Dilan Untuk Milea